Kandidat Presiden Brazil Tewas Kecelakaan Pesawat

Calon presiden Brazil, Eduardo Campos (49) dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat di daerah Santos, Rabu (13/8/2014). Kecelakaan pesawat disinyalir terjadi karena cuaca buruk.

Selain Eduardo, empat penumpang pesawat yang lain dan dua pilot juga diperkirakan tewas. Presiden Brazil, Dilma Rousseff segera menyatakan hari berkabung nasional selama tiga hari, atas peristiwa tersebut.

“Kita kehilangan seorang warga Brazil terbaik hari ini. Kita kehilangan kawan yang terbaik,” kata Rousseff.

Sementara Wakil Presiden Brazil , Michel Temer juga menyatakan rasa belasungkawa mendalam. Menurutnya tak ada kata-kata yang mampu menjabarkan kejadian yang bisa menghempaskan dunia politik Brazil saat ini.

“Ia seorang politikus dengan prisip dan nilai yang baik. Semoga keluarga bisa merelakannya, serta menjadi pembelajaran dalam dunia politik kita,” tambah Temer.

Menurut informasi, Campos hanya akan tinggal mengikuti pemilihan ketiga di bulan Oktober mendatang. Sejauh ini, Campos dikenal sebagai salah satu kandidat terkuat yang bisa memimpin Brazil di masa depan.

Sebelumnya Campos hidup bersama keluarga yang secara aktif beroposisi dengan junta militer, yang terjadi di Brazil antara tahun 1964-1985. Kemudian ia menikah dan memiliki lima orang anak. Sebelumnya Campos menjabat sebagai gubernur di daerah timur laut Brazil , Privinsi Pernambuco.

Kandidat Wakil Presiden pendamping Campos , Marina Silva lolos dari kecelakaan karena memutuskan tidak ikut terbang bersama.

“Saya belajar untuk menghormatinya dan percaya pada idealisme pemikirannya,” kata Silva.

Menurutnya Campos merupakan orang yang sangat berdedikasi hingga akhir hayatnya. Lengkap juga dengan mimpi, kenikmatan dan komitmen terhadap hidup.

Pesawat yang ditumpangi Campos menurut rencana akan menjalani rute Rio de Janeiro , menuju bandara Guaraja di Sao Paulo. Lalu diberitakan terjadi cuaca buruk dilintasan tersebut. Juru bicara otoritas penerbangan setempat, Pedri Luis Farcic mengatakan cuaca buruk tersebut tak dapat diperkirakan sebelumnya.

Menurut petugas lalu lintas udara di Guaraja, mereka kehilangan kontak dengan pesawat karena cuaca buruk itu. Sebelumnya diketahui pesawat mengalami kesulitan mendarat, lantaran buruknya cuaca pada saat kejadian.

Pesawat kemudian jatuh di daerah padat penduduk. Serpihan pesawat juga menyebabkan kebakaran dan asap tebal didekat lokasi jatuh. Penduduk lokal setempat bilang kalau saat kejadian, langit memang terlihat gelap dan hujan deras sekali. Tujuh penumpang didalamnya, termasuk fotographer, kameramen, wartawan dan dua pilot turut tewas dalam kejadian tersebut. Menurut Angkatan Bersenjata Brazil , pesawat yang ditumpangi Campos berjenis Cessna 560XL. (BBC/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s