Korban Topan Halong Terus Bertambah

Topan berkekuatan dahsyat yang membawa hujan dan angin kencang, menghajar daerah barat Jepang, Minggu (10/8/2014). Korban terus bertambah menjadi sembilan orang meninggal, dua hilang dan lusinan mengalami luka-luka.

Menurut jaringan media public Jepang NHK, lebih dari 660.000 orang diperintahkan untuk dievakuasi. Mereka diperingatkan akan adanya prediksi serangan badai topan Halong, pada minggu siang. Namun angka tersebut menurun hingga 30.000 orang saja, menyusul pencabutan peringatan bencana olehpemerintah lokal, pada pukul 08:00 malam waktu setempat.

Dari daerah Takamatu, Prefektur Kagawa, seorang perempuan ditemukan terapung di sebuah sungai. Kemudian dikonfirmasi perempuan tersebut telah meninggal.

Sementara itu di Prefektur Gifu , seorang lelaki tersapu arus sungai, dan kemudian dikonfirmasi juga telah tewas pada hari minggu. Di laut daerah Prefektur Wakayama, seorang peselancar dikabarkan hilang, dan 70 orang dilaporkan terluka.

Lebih dari 320 penerbangan juga dikabarkan ditunda. Sementara jaringan kereta api cepat Shinkansen di Tokaido dan Sanyo terhenti. Sekitar 145 perjalanan kereta ditunda, didaerah Tokyo – Osaka . Karena penundaan tersebut 71.000 penumpang terdampak akibatnya.

Pada daerah Umaji, Prefektur Kochi masih terjadi hujan deras. Diperkirakan curah hujan terekam 80,5 milimeter (mm) perjam pada puncaknya.

Curah hujan dari badi topan Halong mencapai ukuran 1.000 mm di Umaji, dan 900 mm di Niyodogawa, keduanya berada di Prefektur Kochi pada pukul 01:30 sore. Hujan setempat juga terekam berada di daerah Tokushima dan Prefektur Mie.

Topan juga melanda daerah pemerintahan di Tanabe dan Minabe, di Prefektur Wakayama . Akibat kejadian tersebut sekitar 4.500 penduduk dievakuasi. Peringatan akan kemungkinan kejadian banjir dan longsor juga dikeluarkan pemerintah daerah setempat.

Badai Halong juga menyebabkan sungai Kumano di Shingu, Prefektur Wakayama meluap pada pukul 11 pagi. Pemerintah daerah Prefektur Wakayama menyatakan tak ada kerusakan parah, dan informasi mengenai orang hilang di daerah mereka.

Di kota Anan, Prefektur Tokushima mengabarkan kalau sungai Nakagawa meluap juga. Luapan sungai mencapai tingkat satu dan dua di sekolah menengah atas setempat. Enam orang dievakuasi dari gedung sekolah itu, karena terjebak di lantai tiga.

Topan Halong diperkirakan tetap akan bergerak ke arah utara, melintas laut Jepang. Pada hari Senin siang ditakutkan badai kembali akan menghantam wilayah Hokkaido , kata Badan Meteorologi Jepang.

Kecepatan angin badai Halong bisa mencapai 180 kilometer per jam (km/h). Selain karena banjir dan badai, topan Halong juga menyebabkan longsor di daerah Aki, Prefektur Kochi. Hujan lokal di daerah Prefektur Mie diperkirakan bisa membuat longsor lanjutan, yang membahayakan manusia. (AP/Japan Times/BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s