Kotak Hitam Air Algerie Tak Berfungsi

Kotak hitam yang ditemukan pada pesawat Air Algerie yang jatuh di Mali , Juli lalu disinyalir tak berfungsi sebagaimana mestinya. Diperkirakan kotak hitam rusak saat pesawat jatuh. Romi Jouty, Presiden Investigator Kecelakaan Pesawat Perancis menyatakan kalau suara yang seharusnya terekam pada saat pesawat jatuh, tak bisa diperdengarkan. “Tak ada suara sama sekali yang bisa dijadikan bukti penyebab jatuhnya pesawat,” kata Jouty, Kamis (7/8/2014).

Namun Jouty menyatakan kalau kotak hitam itu sebenarnya merekam, tapi entah kenapa suara rekaman tidak bisa diperdengarkan.

“Kami masih mencari tahu penyebab tidak bisa keluarnya suara rekaman. Kemungkinan hanya masalah teknis belaka,” tambah Jouty.

Lebih lanjut Jouty memperkirakan kotak hitam tersebut telah rusak, akibat hantaman keras saat pesawat jatuh ke darat. Terbukti dengan badan pesawat yang hancur berkeping-keping saat ditemukan di daerah Gossi , Mali .

Kotak hitam yang dimiliki pesawat Air Algerie itu sendiri merupakan yang tercanggih saat ini. Dimana kotak hitam dengan pita magnetik, telah diganti dengan teknologi rekaman digital.

Saat ini pihak Perancis terus mengembangkan kemungkinan penyebab kecelakaan. Dari puing pesawat yang ada, disebutkan kalau pesawat tersebut diperkirakan tak meledak di angkasa.

“Dan itu berarti kerusakan tidak terjadi saat pesawat sedang berada di angkasa,” kata Jouty.

Pihak tentara Perancis yang turut serta dalam penyisiran pesawat terakhir menyatakan telah mengumpulkan seluruh sampel DNA korban. Keseluruhan sampel tersebut kemudian akan dicocokan dengan kerabat korban.

Menurut pihak angkatan bersenjata Mali , pesawat bernomor penerbangan AH5017 tersebut penuh dengan penumpang saat terbang dari bandara di Mali . Mereka berencana menuju Aljazair, dengan membawa 118 penumpang.

Namun tak lama setelah lepas landas, pilot pesawat meminta ijin untuk memindahkan rute terbang pesawat karena cuaca buruk.

Selain korab warga negara Perancis, 27 orang korban merupakan warga negara Burkina Faso . Sementara penumpang yang lain ada yang berasal dari Lebanon , Aljazair, Kanada, Jerman, dan Inggris. Keseluruhan penumpang dan awak berjumlah enam orang dinyatakan tewas pada kejadian tersebut. (BBC/AFP/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s