ISIS Dipukul Mundur dari Mosul

Setidaknya puluhan orang tewas pada serangan di bandara Mosul , Irak, Rabu (6/8/2014). Penyerangan dilakukan untuk memerangi militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang bersembunyi di penjara setempat.

Menurut televisi lokal Irak, setidaknya 60 anggota ISIS tewas dan sekitar 300 sandera berhasil dibebaskan. Daerah Mosul yang berada di utara Irak, sebelumnya telah diambil alih ISIS pada awal Juni 2014 ini.

Dari arah perbatasan dengan Turki, pasukan Kurdi yang bernama Peshmerga dilaporkan terus merangsek ke arah kota Sinjar di dekat Mosul . Sebelumnya mereka berhasil membebaskan puluhan ribu warga suku Yazidi, yang dikabarkan mengungsi di perbukitan di Sinjar.

“Aksi internasional perlu segera dilakukan, setelah ISIS menahan mereka diperbukita. Banyak anak-anak dan wanita hamil telah tewas,” kata Jabbat Yawar, Sekretaris Jendral Pemerintah Regional Kurdistan (KRG).

Pada hari Selasa, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan laporan ada sekitar 40 anak Yazidi telah meninggal karena kekerasan, kelaparan dan dehidrasi yang dilakukan kelompok ISIS terhadap suku tersebut.

Untuk mengurangi beban warga Yazidi, yang merupakan bagian suku Kurdi juga pemerintah telah menjatuhkan 77 ton makanan dan air dari udara, pada area perbukitan di dekat Sinjar.

Kota Sinjar dikuasai ISIS setelah mereka melakukan serangan ofensif ke arah utara Irak. Selain menguasai kota , ISIS juga mengambil alih kilang minyak dan pengelolaan tanggul air.

Pejabat senior pemerintahan Irak, Jalal Talabani yang berasal dari Persatuan Patriotik Kurdistan (PUK) mengatakan pasukan Irak dari basis Partai Persatuan Demokrat Kurdi (PYD) dan Partai Pekerja Turki Kurdi (PKK) telah melakukan serangan balik terhadap pasukan ISIS disana.

“Pasukan dari PYD dan PKK bertanggung jawab untuk melawan kelompok ISIS di daerah Rabia dan Sinjar,” ujar Jalal.

Sementara kelompok PUK mengambil peran di Zumar dan seluruh area utara dan timur Mosul .

Serangan berbagai arah tersebut, diharapkan membuat pasukan ISIS bisa dihancurkan. Sebab selain itu pasukan Peshmerga dari Turki juga menyerang ISIS di Makhmur. Menurut rencana Peshmerga akan terus bergerak hingga ISIS keluar dari Mosul .

Kerjasama serangan militer antara Irak dan pasukan Kurdi dari Turki, Peshmerge terjadi setelah mereka sama-sama tidak setuju pemahaman ISIS menyebar. Pemerintah kedua negara sepakat tidak akan berkompromi dengan kegiatan teroris, seperti ISIS .

 Sebelumnya negara Lebanon juga bertempur dengan kelompok ISIS . Mereka tidak menyetujui ISIS melebarkan sayap dari Suriah, hingga ke Lebanon . Menurut pemimpin Lebanon , kepercayaan terhadap ISIS adalah teroris dan mereka tidak mau menerimanya. (AFP/BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s