Hiroshima Mengenang Bom Atom

Ribuan orang akan bergabung bersama dalam peringatan damai di Hiroshima, Rabu (6/8/2014) pagi. Peringatan ditujukan untuk mengenang 69 tahun pengeboman kota Hiroshima , yang mengakhiri perang dunia kedua.

Penduduk kota yang selamat, kerabat, pemerintah dan delegasi luar negeri, termasuk Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Jepang, Caroline Kennedy akan turut serta dalam peringatan tersebut. Direncanakan akan dilakukan aksi diam sementara, pada jam 08:15 waktu setempat, seperti saat bom jatuh pertama kali dahulu di Hiroshima .

Pesawat bomber tempur pasukan AS, bernama Enola Gay menjatuhkan bom atom ke kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Diperkirakan bom tersebut membunuh 140.000 orang.

Tiga hari setelahnya, kota Nagasaki kemudian dibom juga. Membunuh 70.000 penduduk kota . Jepang kemudian menyerah pada 15 Agustus 1945, dan mengakhiri perang dunia kedua.

Minggu lalu, media di AS mengabarkan kematian Theodore van Kirk. Ia dikenal sebagai kru terakhir di pesawat Enola Gay yang masih hidup. Kirk meninggal pada usia 93 tahun. Ia kemudian dikuburkan di daerah Northumberland , Pennsylvania .

Selain diperingati di kota Hiroshima , seremoni juga digelar di kota Princeton . Peringatan diorganisir oleh Koalisi Aksi untuk Perdamaian (CFPA). Menurut rilis yang disebarkan, peringatan akan berisi acara piknik bersama di dekat Perpustakaan Publik Princeton.

“Tujuan acara ini bukan untuk menjawab pertanyaan mengapa bom tersebut harus dijatuhkan. Apa yang sudah terjadi, terjadilah,” kata Robert Moore, Direktur Eksekutif CFPA.

Menurutnya acara peringatan tersebut lebih kepada mengenang mimpi buruk yang dihadirkan senjata nuklir. “Dan untuk mengingatkan kepada kita semua mengenai janji penghapusan semua jenis senjata nuklir di dunia ini,” tambahnya.

Acara akan diisi oleh diskusi, pergelaran musik dan penyalaan lilin secara bersama untuk mengenang 140.000 korban bom Hiroshima . Juga akan dilakukan kegiatan diam sejenak, pada pukul 7:15 waktu setempat, yang sesuai dengan jam 8:15 waktu Jepang.

Acara bincang akan menghadirkan peneliti psikis dari Universitas Princeton, Zia Mian. Selain peneliti psikis, Zia juga merupakan ahli senjata nuklir di kawasan Asia Selatan.

Selain itu, musisi Glenn Swann juga direncanakan ikut hadir. Ia direncanakan akan memainkan alat musik tradisional Jepang, bernama shakuhachi. Selain Glenn juga akan hadir paduan suara dari NJ Industrial Union Council.

Kip Cherry, dari CFPA akan membacakan puisi Jepang yang bercerita tentang Hiroshima . Juga akan ditampilkan lambang-lambang perdamaian Jepang, dalam bentuk origami. Direncanakan peringatan bisa diikuti oleh kalangan umum. Jikalau kemudian turun hujan pada saat acara, lokasi kegiatan akan dipindahkan ke ruang komunitas didalam perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s