Badai Halong Hantam Korea

Badai Halong akibat pertumbuhan hawa panas dilautan Pasifik, menyerang beberapa negara di Asia Timur. Pesisir timur Korea Selatan, akhir minggu lalu sudah merasakan dampak badai tersebut. Philipina masih merasakan angin dan hujan lebat, sementara Jepang diperkirakan akan merasakan dampaknya, dalam beberapa hari ke depan.

Dalam informasi disebutkan badai menyebabkan angin berhembus sampai 90 kilometer (km) per jam. Akibat keras angin, membuat ombak laut meninggi hingga 868 milimeter (mm).

Selain cuaca merusak, badai juga menyebabkan 200 penerbangan dari dan ke pulau Jeju digagalkan. Selain itu seluruh pantai di Jeju juga ditutup untuk umum.

Terdapat juga laporan kerusakan pada atap, dan jendela rumah penduduk di Jeju. Badai juga merusak lampu pengatur jalan, serta memutus pasokan listrik untuk 1.600 rumah disana.

Diperkirakan badai terus bergerak ke arah utara. Daerah Seoul, diperkirakan akan juga mengalami dampaknya pada beberapa hari ke depan.

Para ahli meteorologi juga mengingatkan kemungkinan badai super topan Halong ini, merusak wilayah Jepang.

Situs cuaca AccuWeather mengingatkan kalau badai Halong diperkirakan sampai di Jepang, pada hari Selasa (5/8/2014) mendatang.

“Jikalau tak benar menghantam Jepang, badai Halong tetap akan menunjukan diri melalui hujan di lautan Philipina,” urai penjelasan di AccuWeather.

Beberapa daerah di Jepang pernah mengalami kerusakan parah akibat badai. Salah satunya pernah terjadi banjir besar, akibat badai topan Nakri. Beberapa daerah seperti Kyushu dan Shikoku mengalami hujan lebat dalam waktu 24 jam.

Bulan lalu, daerah Okinawa juga dihantam topan bernama Neoguri. Untungnya tak ada satu orangpun harus tewas karena bencana alam tersebut. Topan Rammasun membunuh 33 orang di Tiongkok, dan 11 orang di Vietnam . Pada tahun 2013, lebih dari 6.200 orang tewas di Philipina akibat topan Haiyan. Topan Haiyan kemudian dianggap sebagai salah satu topan terbesar di dunia.

Pusat Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Philipina (PAGASA) menyatakan badai Halong sebenarnya bergerak pelan ke Philipina. Sejauh ini badai Halong berada di 1.610 kilometer (km) di timur Luzon . Kecepatan angin mencapai 105 km per jam.

“Masih tetap sangat mungkin topan itu sampai ke Philipina. Diperkirakan paling lambat hari Rabu mendatang,” ucap Rene Paciente, dari PAGASA.

Ia memperkirakan badai akan menghantam daerah timur laut negaranya, sebelum menghampiri bagian selatan Jepang. Beberapa daerah di Philipina akan mengalami hujan lebat akibat hantaman badai Halong itu. Daerah seperti Visayas, Mindanao, Metro Manila, bagian utara Luzon di Philipina akan mengalami hujan lebat, mulai Senin (4/8/2014) ini.

Secara keseluruhan diperkirakan badai akan usai pada akhir minggu mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s