Pendaki Pakistan Capai Puncak K2

Untuk pertama kalinya tim pendaki dari Pakistan berhasil mencapai puncak gunung tertinggi kedua di dunia, K2 . Mereka mencapai puncak pada pukul 02:30 waktu setempat, Jumat (1/8/2014).

Pendaki Pakistan pergi dengan tujuan merayakan 60 tahun pencapaian pertama kali manusia di puncak K2 . Menurut sejarah, puncak K2 berhasil didaki pertama kali pada 31 Juli 1954. Pendaki pertama yang meraih prestasi tersebut berasal dari Italia, Achille Compagnoni dan Lino Lacedelli.

Keenam pendaki Pakistan yang mencapai puncak adalah Hassan Jan, Ali Durani, Rahmat Ullah Baig, Ali dan Muhammad Sadiq. Tiga orang Italia juga turut ambil bagian dalam perjalanan tersebut.

Dikabarkan pendaki Pakistan mencapai puncak setelah pendaki Italia lebih dahulu. Namun pencapaian tersebut merupakan prestasi tersendiri, karena Pakistan belum pernah mencapai puncak K2 sebelumnya.

Mulai bulan Juni lalu, pemerintah Italia mensponsori pemerintah Pakistan , untuk penanaman stasiun pemantau cuaca di puncak K2 . Nantinya stasiun cuaca tersebut akan memberikan data yang diperlukan bagi pendaki dan peneliti, untuk memonitor aktivitas di gunung tersebut. (BBC/slg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s