Pandangan ISIS Melanggar Pancasila

Kementerian Agama Indonesia mengeluarkan pernyataan tegas, agar masyarakat tidak bergabung dengan militan Islam di Irak dan Syria , yang tergabung dalam organisasi ISIS . Menurutnya pandangan ISIS jelas telah melanggar Pancasila, Jumat (1/8/2014).

“Bersumpah untuk mengikuti dan menjanjikan kerjasama sebagai warga negara berbeda, untuk bergabung dengan ISIS, bisa diancam kehilangan warga negara Indonesia ,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin.

Ia juga mengingatkan agar kaum muslim harus lebih mengabarkan perdamaian, ketimbang kekerasan. Dan ia meminta kepada para ulama untuk terus mengumandangkan agama Islam sebagai berkah dari Ilahi, bukan ketakutan.

Video mengenai rencana perekrutan anggota ISIS di Indonesia menyebar di Youtube, belum lama lalu. Rencana tersebut timbul setelah pemimpin organisasi Jemaah Islamiyah (JI), Abu Bakar Ba’asyir menyerukan dukungan terhadap perjuangan ISIS .

Sutarman, dari Kepolisian Indonesia mengatakan dari bulan lalu setidaknya sudah ada 56 orang bergabung dengan ISIS, berasal dari Indonesia . Sementara itu Ansyaad Mbai, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menambahkan kalau rekrutan untuk ISIS dari Indonesia , bahkan beberapa sudah kembali dari perang di Irak. Para pengamat teroris menyarankan agar memberikan perhatian kepada para rekrutan tersebut, karena bisa saja melakukan aksi perlawanan serupa seperti di Irak, tapi dilakukan di Indonesia . Seperti kasus bom Bali, kebanyakan pelakunya merupakan aktivis yang mengikuti perang di Afghanistan sebelumnya.

Beberapa sumber mengatakan kalau proses rekrutmen dilakukan di daerah Ngruki, Jawa Tengah. Daerah tersebut merupakan tempat dimana pesantren Al Mukmin, milik Ba’asyir berada.

“Semua militan yang berhasil direkrut akan dikirim ke Suriah, atau ke Irak dengan difasilitiasi oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat,” urai Ansyaad.

“Mereka menggunakan banyak nama, tapi kami tahu itu semua hanya kedok saja. Tujuan utamanay merupakan membuka hubungan dengan JI atau NII (Negara Islam Indonesia –red),” tambah Ansyaad.

Dukungan terhadap ISIS tak hanya hadir di Indonesia . Para kaum muda Islam di India dikabarkan juga menyerukan dukungan kepada ISIS . Dari foto yang berhasil didapatkan setidaknya ada 24 orang Tamil Nadu yang menyatakan mendukung gerakan ISIS . Mereka merilis gambar mereka sedang membawa senjata, menutup muka dengan kain, memakai kacamata hitam dan mengenakan kaus hitam bergambar ISIS .

Masih di bulan Juli 2014 ini, empat orang anak muda dari Mumbai dikabarkan pergi ke Irak untuk menbantu ISIS . Keempat anak itu bernama Arif Fayyaz Majeed, Aman Naik Tandel, Shaheed Farooqui Tanki dan Fahad Tanvir Sheikh. Selain keempat anak muda Mumbai itu, masih ada 18 warga India lain yang diperkirakan telah bergabung dengan ISIS .

Keterlibatan muslim India awalnya berasal dari pernyataan panglima ISIS , Awwad al-Badri untuk mengobarkan perang, kepada para anti Islam di dunia. Termasuk salahsatunya mendukung gerakan Islam di India.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s