Ilmu Fisika Tolong Costa Concordia

Lebih dari 20 bulan kapal Costa Concordia terdampar tak berdaya. Senin (14/7/2014) akhirnya kapal pesiar tersebut berhasil diangkat kembali. Bagaimana cara para mekanik menyelesaikan kasus tersebut?

Januari 2012 kapal Costa Concordia mengalami bencana. Lantaran keluar dari jalur lintasan, dan terlalu dekat dengan pesisir, lambung kiri kapal pesiar itu robek menghantam karang pulau Giglio. Dengan sedikit perjuangan, kapal memutuskan melanjutkan perjalanan ke pulau terdekat. Hingga kemudian di semenanjung Tuscan, kapal akhirnya rebah miring. Menyisakan hanya seperempat bagian kiri kapal diatas air.

Sebelumnya dalam sejarah, tak pernah para mekanik mengalami kasus serupa. Harus mengangkat dan menyeimbangkan kembali kapal sepanjang hingga 290 meter, seperti itu. Setidaknya kapal itu juga dua kali lebih berat dari kapal Titanic, yang tenggelam di lautan Atlantik.

“Lebih rinci menurut perkiraan kapal Costa Concordia miring lebih dari 20-21 derajat. Jadi diperlukan upaya untuk mengembalikan posisi kapal bisa seimbang sempurna di air,” urai Sergio Girotto, kepala mekanik yang bekerja untuk misi tersebut.

Untuk orang awam, mungkin misi itu hampir mustahil adanya. Apalagi harus menyeimbangkan kembali kapal seberat 114.000 gross ton. Itu sama saja mengangkat tiga lapangan sepak bola sekaligus.

Sudah seharusnya kita berterimakasih kepada ilmu fisika. Dengan teori pemindahan beban, ternyata proses pengembalian kapal ke posisi normal, berjalan dengan sukses. Meskipun menurut Girotto, harus berhenti tiga jam lamanya, karena badai sempat menghantam.

Yang harus dilakukan menurut Girotto adalah mencari cara memindahkan beban. Setidaknya diperlukan 50 katrol dan penarik untuk menyelesaikan kasus ini. Kawat besi yang diikatkan pada katrol, kemudian dibentangkan melewati bagian bawah kapal. Kawat besi itu lalu dikaitkan dengan kotak besi yang ditambahkan disamping kapal.

Dengan mengisi air pada kotak besi, dan tarikan melalui kawat besi maka secara pelahan kapal berangsur bergerak seimbang. Sebelumnya sudah dipasang juga kerangka besi dilandasan kapal, agar kapal tak malah miring berlawanan arah. Sebelum air dibagian kotak besi penuh, segera dipasang kotak serupa dibagian berlawanan dari kotak yang lain. Dengan mengisi air dengan volume yang sama, maka kapal bisa berdiri dengan seimbang lagi.

Saat kapal sudah berdiri dengan seimbang, masih ada masalah lain. Yaitu bagian badan kapal masih sebagian tenggelam. Sehingga saat sudah seimbang, segera dilakukan pemompaan air laut yang terperangkap di dalam kapal. Sehingga kemudian kapal bisa mengambang dengan sempurna kembali di air.

“Semua berjalan sesuai rencana, kami mengikuti rencana dengan segala konsekuensinya. Tak ada masalah apapun,” kata Girotto.

Sejauh ini diperkirakan biaya misi tersebut mencapai US$ 800 juta. Namun biaya tersebut diprediksi akan makin meningkat, mengingat pekerjaan belum selesai sepenuhnya.

Pemilik Cosa Concordia, Costa Crociere malah memperkirakan total biaya operasi tersebut bisa mencapai US$ 2 milyar. Mengingat terlalu banyak kemungkinan biaya tak terduga didalamnya.

Selanjutnya setelah bisa berjalan lagi, kapal akan dibawa ke pelabuhan Genoa , Italia. Menurut rencana kapal akan dihancurkan, dan diambil puing-puingnya.

Costa Concordia menabrak karang di pulau Giglio pada bulan Januari 2012. Kemudian kapal bersandar miring, dan menewaskan 32 penumpangnya. Hingga terakhir masih ada dua jasad yang belum ditemukan. Saat operasi pengembalian posisi kapal dilakukan, semua berharap dua jenazah tersebut bisa ditemukan, namun kenyataannya tidak sesuai harapan. Kapten kapal Costa Concordia, Francesco Schettino kini sedang dalam persidangan. Ia didakwa dengan tuduhan pembantaian manusia dan meninggalkan kapal secara sengaja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s