Banjir Landa Serbia

Banjir terburuk setelah 120 tahun terakhir, membuat 16.300 orang mengungsi di Serbia, hingga Minggu (18/5/2014). Belum bisa disebutkan angka kematian. Diperkirakan Serbia kembali akan diterjang banjir kiriman, dari negara Bosnia-Herzegovina.

Berbicara dalam konferensi pers, Perdana Menteri Serbia, Aleksandar Vucic berkata saat ini kondisi negaranya sedang sulit, namun warga Serbia sedang bersiap menghadapi banjir kiriman yang diperkirakan kembali akan menerjang pekan ini.

Menurut Vucic regu penyelamat sudah mendatangi kota yang paling hebat terdampak dari musibah ini, Obrenovac. Kota tersebut berada sekitar 30 kilometer (km) di tenggara Belgrade . Ditemukan satu jenazah korban akibat banjir dikota tersebut. Namun Vucic belum bisa memastikan jumlah korban tewas secara keseluruhan, karena masih dalam proses pendataan.

“Namun kami memperkirakan 90 persen dari kota tersebut sudah tenggelam karena banjir,” urai Vucic.

Daerah terparah lain adalah Doboj. Menurut Kepala Kepolisian Serbia , Gojko Vasic daerah tersebut seperti habis tersapu banjir.

“Menurut beberapa sumber, banjir menerpa seperti tsunami. Membuat gelombang hingga tiga atau empat meter,” kata Vasic.

Sulit membayangkan kalau masih ada yang hidup, setelah menerima bencana di Doboj. Padahal sekitar satu juta orang berada di daerah paling terdampak di Doboj.

Selain menimpa daerah Obrenovac dan Doboj, banjir juga dikhawatirkan merusak pembangkit listrik Nikola Tesla. Pasalnya air sungai Sava , yang berada sebelah pembangkit listrik tersebut terus meninggi.

Menurut catatan tinggi air sungai Sava, yang membelah Serbia kini mencapai titik tertinggi dalam sejarah. Dam di sungai Sava setinggi 7,3 meter itu, kini sudah dipenuhi air hingga mencapai tinggi 6,3 meter. Dikhawatirkan tinggi muka air akan terus naik mencapai 6,8 meter, mengingat hulu sungai Sava berada di negara Bosnia-Herzegovina, yang kini terus diterpa hujan.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan pemerintah Bosnia , debit air sebanyak tiga bulan seperti tiba-tiba dijatuhkan hanya dua hari saja di Bosnia . Bagian utara Bosnia kini juga terdampak dari banjir tersebut. Diperkirakan satu pertiga dari Bosnia juga terkena dampak dari curah hujan ekstrem tersebut. Selain dibagian utara, bagian barat laut dari Bosnia juga mengalami kerusakan pada rumah, jalan dan rel kereta api.

Diperkirakan hujan akan kembali turun, dan mengirimkan gelombang banjir kembali. Berbagai upaya terus dilakukan oleh para warga untuk mengurangi dampak banjir kiriman tersebut. Termasuk membuat bendungan dari karung pasir disepanjang pinggir sungai di Belgrade , seperti daerah Sabac dan Sremska Mitrovica.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s