Pencarian MH370 Masuki Babak Baru

Misi pencarian pesawat MH370 memasuki babak baru. Setelah 52 hari pencarian, diperkirakan puing akan tenggelam. Misi pencarian akan difokuskan hanya dibawah laut saja. “Puing-puing akan mulai tenggelam setelah 52 hari pencarian. Jadi operasi pencarian akan difokuskan pada dasar lautan yang lebih luas,” ujar Perdana Menteri (PM) Australia , Tony Abbot, Senin (28/4/2014) di Canberra , Australia .

Lebih dalam Abbot menyatakan tak menemukan hasil menggembirakan, dari pencarian lewat udara. Sementara pencarian dipermukaan laut juga tak ditemukan apapun.

“Pesawat itu tak bisa hilang begitu saja. Pasti ada disebuah tempat,” urai Abbot.

Oleh karena itu Abbot berpikir masih adanya kemungkinan, bila pencarian dilakukan secara lebih fokus dibawah laut.

Kapal selam mini tanpa awak Bluefin-21 yang diluncurkan untuk membantu mencari, juga masih tak menunjukan tanda-tanda yang diharapkan. Menurut informasi Bluefin-21 sudah menelusuri dasar laut, dengan daerah pencarian mencapai 400 kilometer persegi (km2).

“Bluefin akan terus dioperasikan, namun akan diberikan tambahan alat pencari dengan menggunakan sonar yang lebih canggih,” tambah Abbot.

Perangkat-perangkat pencari lain dibawah laut juga akan dikerahkan, termasuk para kontraktor swasta untuk misi pencarian ini. Beberapa perangkat diperkirakan bisa menyelam lebih dalam daripada Bluefin-21, namun memerlukan biaya yang tak sedikit.

“Pencarian akan memakan waktu bulanan dan diperkirakan memerlukan biaya sampai US$ 56 juta,” papar Abbot.

Sementara itu, Kepala operasi pencarian MH370 di Australia, Angus Houston mengatakan kalau pencarian dibawah laut yang ada sekarang, sudah meliputi seluruh area yang dicurigai. Kebanyakan area yang dipindai, menurut Houston tak jauh dari lokasi sinyal terakhir, yang diperkirakan berasal dari MH370 dikirimkan.

“Bila operasi pencarian dibawah laut jadi diteruskan, maka daerah pencarian dibawah laut akan diperluas menjadi 60.000 kilometer persegi,” ujar Houston .

Pihak keluarga penumpang MH370, yang sempat diwawancara masih menyatakan upaya yang dilakukan pihak Malaysia sebagai guyonan. Sarah Bajc, yang rekan dekatnya, Philip Wood berada didalam MH370 bilang kalau kesabaran keluarga korban sudah mencapai batas maksimal.

“Seharusnya pemerintah Malaysia lebih menganggap kami, para keluarga penumpang sebagai rekanan yang mungkin bisa membantu pencarian, ketimbang dianggap sebagai musuh,” kata Sarah.

Perdana Menteri (PM) Malaysia , Najib Razak  dalam wawancara televisi bilang kalau upaya pencarian masih dalam tahap awal. Pihak Malaysia tidak bisa memberikan keterangan, bila menyangkut hal-hal teknis. Lantaran puing-puingatau badan pesawat belum dapat ditemukan. Namun Razak bersikeras menolak bila orang-orang menganggap pesawat itu hilang secara misterius.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s