Laporan Pendahuluan Pencarian MH370 Akan Dirilis Pekan Depan

Menanggapi kemarahan para keluarga penumpang, Perdana Menteri (PM) Malaysia , Najib Razak merencanakan akan merilis laporan pendahuluan dari pencarian pesawat MH370, awal minggu depan.

“Saya telah memberikan instruksi secara internal kepada tim investigasi untuk segera membuat laporan, dan sepertinya awal minggu depan laporan tersebut sudah bisa diedarkan,” kata Najib, Kamis (24/4/2014).

Selain itu dia juga meminta tim investigasi untuk memastikan langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya. Dalam penjelasanya Najib menyatakan kalau ia belum bisa bilang kalau pesawat tersebut diklaim telah hilang.

Menurutnya klaim hilang harus terlebih dahulu melalui rekomendasi Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Sementara ICAO sendiri memberikan pendapat kalau pihak otoritas Malaysia telah melakukan langkah yang sesuai prosedur untuk mencari pesawat tersebut. Menurut ICAO tindakan otoritas Malaysia untuk melacak jejak pesawat menit per menit, sudah sesuai prosedur. Tindakan tersebut sama seperti saat penerbangan Air France 447 dianggap hilang pada tahun 2009 lalu.

Kebanyakan pihak keluarga korban masih tidak percaya, kalau otoritas Malaysia telah melakukan upaya maksimal. Terlebih dari cara penyampaian informasi terbaru yang dianggap tak cepat dan sesuai dengan kebutuhan keluarga penumpang. Maka untuk mendapatkan informasi lebih terpercaya, banyak dari pihak keluarga langsung menghubungi pihak pembuat pesawat MH370, yaitu perusahaan Boeing.

Menaggapi permintaan tersebut, pihak Boeing telah merilis jawaban kalau telah melakukan berbagai upaya terbaik sekarang. “Perasaan duka dan simpati mendalam kami sampaikan kepada pihak keluarga korban. Sekarang Boeing masih melakukan upaya aktif dan menggugah untuk misi pencarian tersebut,” urai informasi yang diberikan situs Boeing.

Sementara itu, kapal selam mini tanpa awak Bluefin-21 yang telah dilepaskan untuk mencari tetap menghasilkan nilai nihil. Mereka tak menemukan titik terang, setelah melakukan pencarian didasar laut pada daerah yang diperkirakan menjadi area jatuh pesawat.

“Saya pikir sekarang peluangnya satu berbanding sepuluh,”kata Jules Raffe, peneliti oseanografi dari Laboratorium Fisik Lautan Australia .

Lapisan dasar laut yang dicurigai sendiri talah 90 persen dipindai. Tapi tak menghasilkan bentukan atau puing-puing pesawat yang diperkirakan tenggelam disana.

Berikutnya pihak Malaysia dan Australia tetap akan melakukan pencarian hingga bulanan atau tahunan ke depan. Menurut rencana mereka akan merunut ulang semua area yang pernah dilewati MH370. Kemudian kembali melakukan penyisiran pada masing 15 mil, disamping kiri dan kanan dari jalur lintasan terakhir tersebut.

“Dengan niat tesebut, maka dibutuhkan alat yang lebih canggih, juga berarti biaya yang tak murah karena membutuhkan resolusi gambar yang baik,” kata Rob McCallum, spesialis pencarian dilautan.

Beberapa teknologi yang diperlukan masih perlu didatangkan dari Amerika Serikat (AS). Menurut Rob banyak hal dalam pencarian ini sudah diluar dari ilmu eksak yang ada. Jadi diharapkan semua pihak yang terkait dalam masalah ini tetap bisa bersabar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s