Berapa Biaya Mencari MH370?

Sudah sebulan lebih usaha pencarian pesawat MH370 dilakukan. Berbagai cara, upaya dan kemungkinan lokasi pencarian juga diusahakan. Namun titik terang penyebab dan lokasi terakhir, pesawat milik Malaysia Airlines tersebut tak juga kunjung menghasilkan buah yang memuaskan. Padahal mungkin sudah ratusan juta dollar dikerahkan untuk misi berbasis kemanusiaan tersebut.

Setidaknya 24 negara sekarang turut ambil bagian dalam misi pencarian. Cina, Australia, Malaysia, Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan dan Indonesia juga berada didalam tim pencarian. Kalau diperkirakan, biaya mengerahkan orang-orang dan peralatan dari berbagai negara tersebut, bisa bernilai ratusan juta dollar AS. Siapa yang membayar dan dari mana uangnya?

Pihak Malaysia sendiri sebagai yang paling berkepentingan, mengaku tidak mempermasalahkan biaya yang harus dikeluarkan. Sebab bila dikaitkan dengan nilai kemanusiaan yang ada didalamnya, besarnya biaya operasional pencarian menjadi seperti tak ada arti sama sekali.

“Semua menjadi bernilai immaterial, saat dikaitkan dengan niat mengembalikan para penumpang dan awak yang kemungkinan megnalami kecelakaan dalam kejadian tersebut,” kata juru bicara Menteri Transportasi Malaysia , Hishamuddin Hussein, akhir minggu kedua April 2014.

Namun, meskipun pihak Malaysia menampik masalah besaran biaya. Sebenarnya tidak dapat dinafikan terdapat sejumlah biaya riil yang harus dikeluarkan. Seperti diungkapkan pakar transportasi udara dan laut dari Royal Unites Services Institute (Rusi), Peter Robert. Secara gamblang Robert memperkirakan setidaknya sudah US$ 20-25 juta dikeluarkan, untuk upaya pencarian ini. Biaya tersebut mencakup bahan bakar, suku cadang, biaya transport pasokan, pergantian staf pencari, bahkan sebuah pesawat pencari yang gagal diterbangkan saja bisa menambah jumlah biaya.

“Namun kebanyakan biaya operasi berbasis militer, bisa ditutup oleh masing-masing negara tersebut,” tutur Robert.

Seperti misalnya, pihak Australia mengerahkan kapal pencari militer HMAS Success, selama dua minggu. Setidaknya operasionalnya mencapai AUS$ 550.000 untuk satu hari. Jadi perkirakan kapal HMAS Success sudah menelan biaya AUS$ 7,7 juta.

“Itu baru dari satu kapal. Bagaimana dengan HMAS Toowoomba yang dijuga dikerahkan, setidaknya sehari kapal itu menghabiskan AUS$ 380.000,” urai Robert lagi.

Pihak Kementerian Pertahanan AS memaklumatkan menyiapkan dana sekitar US$ 4 juta, untuk membantu pencarian ini. Namun diperkirakan sejak tanggal 8 – 24 Maret saja sudah tersedot dana sekitar US$ 3,2 juta untuk operasional dilapangan.

Sementara pihak Inggris, yang mengerahkan kapal survey militer, HMS Echo belum bisa menyebutkan biaya pengerahan kapal tersebut.

“Upaya pemakaian teknologi di kapal HMS Echo belum mencapai final, jadi belum bisa dipastikan berapa biaya yang dikeluarkan,” kata juru bicara Menteri Pertahanan Inggris, kepada BBC.

Biaya-biaya tersebut kemungkinan besar akan terus membengkak. Karena berbagai upaya kini terus dilakukan untuk mencari MH370. Termasuk peluncuran kapal selam mini tanpa awak, Bluefin-21.

Terakhir, Senin (14/4/2014) Bluefin-21 sudah diluncurkan ke laut lepas. Menurut informasi, kapal selam mini tersebut sudah menyelam hingga kedalaman 4.500 meter dibawah laut. Selama enam jam operasi, tanpa menghasilkan apa-apa, maka Bluefin-21 kemudian ditarik lagi ke permukaan.

Upaya pencarian termahal pernah terjadi saat pesawat Air France , hilang dalam perjalanan dari Rio de Janeiro ke Paris . Pesawat kemudian diperkirakan jatuh di Lautan Atlantic pada tahun 2009 lalu. Setelah dilakukan upaya pencarian secara intensif selama tiga tahun, diperkirakan biaya mencapai 32 juta Euro, atau setara US$ 44 juta.

Perdana Menteri Australia , Tony Abbot sendiri masih bersikeras akan tetap membantu upaya pencarian tersebut. Dia menyebut upaya pencarian ini, sebagai pekerjaan yang harus diselesaikan Australia sebagai bagian dari masyarakat dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s