Waspada Banjir, Hujan Sampai Februari

Musim hujan diperkirakan terus akan terjadi hingga Februari 2014. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir.

“Musim hujan akan terus terjadi sampai Februari akhir,” urai Dodo Gunawan, Kepala Bidang Litbang Klimatologi dan Kualitas Udara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (12/1/2013).

Perkiraan tersebut sesuai dengan ramalan yang dikeluarkan September 2013 lalu. Dimana puncak musim hujan akan terjadi pada Januari-Februari 2014. Sementara awal musim hujan pada kebanyakan daerah di Indonesia, sudah dimulai pada November 2013 lalu.

Menurut info yang diberikan BMKG, hingga 16 Januari 2014 mendatang akan terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat di wilayah Sumatera bagian Tengah dan Selatan, Kalimantan bagian Barat, Tengah, dan Timur, Sulawesi bagian Tengah, Selatan, dan Tenggara, Maluku Utara dan Tengah, Papua bagian Barat dan Tengah, Bali-NTB, sebagian Jawa bagian Barat, Tengah, dan Timur.

Sementara khusus untuk wilayah Jakarta umumnya berpotensi hujan ringan – sedang terjadi pada siang atau sore dan malam hari. Potensi hujan lebat bisa terjadi di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan hujan akan kembali terjadi di Jakarta dalam waktu dekat ini. Berdasarkan pantauan satelit terlihat ada kumpulan awan hujan berada di sebelah Jakarta hingga Banten dan Selat Sunda. Angin dominan ke arah timur-tenggara, sehingga diperkirakan hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya masih berpotensi terjadi.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Puncak hujan diperkirakan pada pertengahan Januari hingga Februari 2014,” urai Sutopo P Nugroho, Kepala Pusat Dokumentasi dan Humas BNPB.

Menurutnya operasi modifikasi cuaca hingga saat ini belum dapat dilaksanakan karena belum adanya surat pernyataan siaga darurat dari Gubernur DKI Jakarta. BNPB masih melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, mengenai kemungkinan operasi modifikasi cuaca.

Selain masalah modifikasi cuaca, BNPB juga telah berkoordinasi dengan BPBD DKI agar memerintahkan para Walikota, Ka. SKPD, Ka. UKPD, Camat dan Lurah untuk mengaktifkan posko siaga bencana, dan memonitor perkembangan kejadian dan mengecek kesiapsiagaan masing-masing. Tindakan tersebut dilakukan mengingat situasi Jakarta terus diguyur hujan hingga Minggu (12/1/2013) malam. Dikabarkan beberapa pintu air baik dihulu maupun di Jakarta sudah mengalami kenaikan sampai ke status siaga 3.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s