Regenerasi Hutan Aceh Bisa Selamatkan Orangutan

Dampak dari pembabatan hutan, bisa berdaya rusak parah. Diperkirakan keseluruhan flora dan fauna yang pernah hidup di lahan hutan terbabat, akan mati. Masih banyak kawasan kritis yang bisa dijadikan lahan pengalih untuk keperluan ekonomi, seperti pembangunan kelapa sawit. Ketimbang terus membabat hutan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), yang seharusnya memang harus dikonservasi.

“Satwa di konsesi sawit semua mati. 0,01 persen yang hidup, termasuk serangga,” urai Ian Singleton, Direktur Program Konservasi Orangutan Sumatera (Sumatran Orangutan Conservation Programme/SOCP), Senin (16/12/2013).

Padahal mungkin banyak satwa langka, dulunya hidup di hutan yang terbabat tersebut. Seperti Orangutan yang kini diperkirakan hanya tersisa 6.900 ekor saja, dari sebelumnya belasan ribu ekor. Pembabatan hutan jelas menjadi salah satu sebab penurunan jumlah Orangutan tersebut.

Salahsatu solusi yang bisa ditawarkan merupakan pengalihan pembukaan pembukaan hutan, dengan membuka lahan perkebunan sawit pada lahan-lahan kritis yang ada. Tercatat dikawasan Aceh, setidaknya ada empat daerah yang memiliki lahan kritis. Seperti di Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Nagan Raya.

“Swamp area tersebut luasnya bisa mencapai 30.040 hektare (ha),” urai Riswan, GIS Specialis Yayasan Ekosistem Leuser (YEL).

Regenerasi di hutan KEL sendiri terbilang tak terlalu lama. Menurut Riswan pada pengalaman di Rawa Tripa, hutan akan beregenerasi secara alami jika kanal-kanal di rawa gambut cepat diblokir dan ditutup.

Sementara itu dari upaya regenerasi hutan yang pernah dilakukan oleh Rudi Putra, peraih Future for Nature Award Winner 2013, regenerasi hutan dapat dilakukan bahkan tanpa biaya apapun.

“Hanya diamkan saja tanah yang pernah dibuka untuk perkebunan sawit. Kemudian dalam waktu empat tahun semua sudah tumbuh alami seperti sediakala,” tutur Rudi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s