Danau Baru Terbentuk di Greenland

Sebuah penemuan baru menemukan bukti-bukti, bahwa kini terdapat danau-danau glasial terbentuk dibawah permukaan lapisan es Greenland. Kejadian ini dianggap bentuk adaptasi bumi terhadap kondisi perubahan yang terjadi.

Para peneliti mengemukakan mereka melihat setidaknya dua danau subglasial, berukuran 800 meter dibawah lapisan es. Sementara menurut radar udara, diperkirakan setidaknya da 400 danau glasial kini ada dibawah lapisan es Greenland, kutub utara.

Dalam laporan mereka di jurnal Geophysical Researchers Letters, disebutkan dua danau tersebut masing-masing berukuran 8 sampai 10 kilometer persegi (km2). Bahkan pada salahsatu titik danau diperkirakan tiga kali lebih besar dari ukuran yang diamati lewat udara. Terbentuknya danau tersebut diperkirakan merupakan dampak dari melelehnya es dipermukaan, dan membentuk danau-danau bawah lapisan es.

“Hasil penelitian kami menunjukan bukti kuat telah terbentuk danau-danau subglasial di Greenland, dan danau-danau tersebut kini menjadi bagian penting dari sistem lapisan es tersebut,” ujar Steven Palmer, penulis utama laporan yang berasal dari Universitas Cambridge, Kamis (28/11/2013).

Hasil penemuan itu juga membuktikan adanya sistem adaptasi khusus, yang terjadi pada lapisan es yang mencair. Dengan mempelajarinya maka dapat diketahui tingkat kecepatan pelumeran es, serta kecepatan aliran es menuju lautan.

”Peningkatan pemahaman atas danau tersebut akan memungkinkan kita untuk memprediksi secara lebih akurat bagaimana lapisan es akan merespon pemanasan global dimasa depan,” papar Palmer lagi.

Kehadiran danau-danau baru tersebut disebut fenomena tak biasa dalam sistem lapisan es. Apalagi keberadaan danau berada dibawah lapisan utama, menunjukan kalau danau terbentuk dengan cara yang berbeda.

Para peneliti menyebutkan kalau kondisi tersebut berbeda dengan di kutub selatan, atau Antartika. Dimana suhu permukaan dibawah titik beku selama sepanjang tahun. Danau disana juga terjadi karena pencairan permukaan es, dan kemudian mengalir melalui retakan di es.

Lazimnya sistem danau dilapisan es, akan terhubung dengan danau-sanau disekitarnya. Ini menunjukan kalau danau merupakan bagian dari sistem yang terbuka dan terhubung ke permukaan. Namun kehadiran danau di Greenland, dengan lapisan es yang lebih tipis dari Antartika, sehingga suhu dingin dibawah permukaan diperkirakan tidak terjadi.

“Ini berarti bahwa setiap danau yang ada saat ini, mungkin telah ada sebelumnya. Kondisi tersebut akan membuat pembekuan terjadi relatif lebih cepat, bila dibandingkan di Antartika,” tambah Palmer.

Sayangnya pembekuan danau tersebut tidak akan dapat dilindungi oleh kondisi es dipermukaan yang tebal seperti di Antartika. Sehingga banyak danau akan kembali terbentuk di Greenland, dan terperangkap dibawah permukaan.

Umumnya di Greenland banyak danau dipermukaan kini terjadi karena kumpulan lelehan lapisan es, dimusim panas. Dimasa depan diperkirakan akan makin banyak danau subglasial yang ditemukan di Greenland bila kondisi tetap seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s