Kaka Slank Bantu Bangka Lepas dari Pertambangan

Sudah puluhan ribu pendukung turut menandatangani petisi yang dibuat Kaka Slank, untuk menolak pertambangan di pulau Bangka, Sulawesi Utara (Sulut). Sayangnya situasi justru makin memanas, dan membuat aparat bersitegang dengan warga. Repotnya lagi, Selasa (1/10/2013) serombongan wartawan yang meliput disana, turut tertimpuk pula.

“Hingga sore, suasana tegang. Warga terus berjaga-jaga di dermaga untuk mencegah masuknya alat-alat berat pengeboran. Alat-alat sudah dipindahkan, tapi tetap berada di Pulau Bang, tepatnya di depan Desa Ehe.” kata Edo Rachman, Ketua Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulut.

Warga desa, kata Edo, sekarang memberi ultimatum ke perusahaan PT. Mikgro Metal Perdana (MMP) untuk menarik alat-alat berat bor dan jika tidak, warga mengancam membakar. Ketegangan ini juga dipicu banyaknya aparat keamanan di desa.

Situasi Pulau Bangka memanas. Aparat bersenjata bersitegang dengan warga penolak tambang di pulau seluas 4.700 hektar. Ketegangan ini terjadi akibat tidak adanya titik temu pertemuan antara Asisten 1 Pemkab, pemilik PT. MMP, dan warga desa Kahuku. Perusahaan memaksakan pengoperasian alat berat, dan pemerintah menolak mencabut izin tambang PT MMP meski Amdalnya bermasalah.

“Ya itulah anehnya penegak hukum kita. Dibuat untuk rakyat tapi ga mihak rakyat. Demo damai, ditangkep. Wartawan dateng, ditimpukin batu,” kata Kaka Slank.

Kaka juga menyerukan Slank Fans Club (SFC) Manado untuk menyelamatkan Pulau Bangka. “Aku juga ngajak Slank se-Indonesia kalo perlu se-dunia untuk dukung lewat petisi di Change.org,” tandas Kaka.

“Tindakan arogan pemerintah itu memaksa pendekatan keamanan untuk menghadapi protes warga yang memperjuangkan lingkungan hidupnya. Ini tidak boleh dibiarkan,” tegas Direktur Greenpeace Indonesia, Longgena Ginting.

Direktur Walhi Abetnego Tarigan menilai respon pemerintah dan perusahaan MMP menandakan rasa panik akibat desakan publik yang kuat. “Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada lingkungan hidup,” ujarnya.

Pulau Bangka dipetisi oleh rakyat melalui petisi http://www.change.org/savebangkaisland. Petisi awalnya dibuat oleh Kaka Slank. Kemudian petisi juga didukung oleh Walhi, Greenpeace dan lembaga swadaya masyarakat lain. Dalam pernyataan dipetisinya, Kaka mengaku sering menyelam diarea pulau Bangka tersebut. Namun ketika PT.MMP berencana membuka pertambangan disana, Kaka jelas menolak dan mencibir Gubernur Sulut, Sarundajang sebagai Gubernur yang hanya berbicara omong kosong mengenai pelestarian lingkungan.

Iklan

One response to “Kaka Slank Bantu Bangka Lepas dari Pertambangan

  1. Please sign and spread the online petition of Kaka — thx! https://www.change.org/SaveBangkaIsland
    All campaign videos: https://www.youtube.com/SaveBangka
    Facebook solidarity: https://www.facebook.com/groups/SaveBangkaIsland

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s