Sistem Pemilu Terbuka Tak Sesuai Harapan Rakyat

Kompromi politik dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) yang diperkirakan terjadi, untuk menyetujui sistem pemilu  tertutup, dianggap berbagai kalangan tidak mengakomodasi harapan rakyat saat ini.

“Sistem pemilu tertutup tidak sesuai harapan rakyat saat ini, yang menginginkan calon pemimpin terbaik yang didapatkan secara transparan dan dapat dipilih oleh semua rakyat,” ungkap pengamat politik Universitas Indonesia (UI) M Qudori, Selasa (3/4/2012).

Sementara kalau sistem pemilu tertutup jelas bisa menimbulkan oligarki partai, meskipun biaya partai politik (parpol) bisa lebih ringan.

“Sistem politik terbuka yang ada saat ini masih dapat dikatakan terlalu muda untuk dirubah kembali. Sementara mengenai biaya politik yang dianggap terlalu besar, sebenarnya bisa direduksi, karena sebenarnya banyak kader politik yang mencapai tahap terpilih dan sebagai wakil rakyat saat ini diraih dengan biaya yang rendah,” tambah Qudori.

Sementara itu pengamat politik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Ari Dwipayana, lebih menitik beratkan pada sistem rekrutmen dan pengkaderan anggota parpol. Sehingga substansi masalah yang ada saat ini, yaitu lahirnya kader partai yang berkualitas dan sesuai harapan rakyat dapat terpenuhi.

“Sistem pemilu terbuka dan tertutup memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Namun inti dari kedua sistem tersebut merupakan lahirnya kader partai yang berkualitas, sehingga lebih baik memperbaiki sistem rekrutmen dan pengkaderan anggota parpol ketimbang ribut membahas sistem pemilu yang akan dipilih,” ujar Dwipayana, pada kesempatan berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s