Cara Hijau Mengedit Film

JAKARTA Mengedit film bisa menjadi pilihan kegemaran banyak orang.  Mungkin saja banyak gambar bisa terekam dengan berbagai peranti berteknologi canggih saat ini. Apalagi sekarang, dengan peralatan mudah seperti telepon genggam saja, orang sudah bisa merekam berbagai kejadian yang ada di sekeliling mereka.

Banyak gambar tersebut terkadang harus diedit agar bisa dipilah-pilah atau dijadikan file khusus tersendiri. Dari berbagai proses mengedit film tersebut, banyak hal sebenarnya bisa dilakukan untuk membantu kelestarian lingkungan, seperti pergunakan secara bolak-balik kertas skenario yang akan dicetak. Atau bisa juga menggunakan kertas bekas, bila memang perlu dilakukan.

Pilih juga kertas yang berasal dari perusahaan bervisi ramah lingkungan. Hindari membeli kertas dari perusahaan yang tidak mengindahkan kelestarian sumber daya alam. Pilihan kertas untuk mencetak skenario juga bisa dengan kertas daur ulang.
Selain itu, proses pembuatan skenario bisa dilakukan dengan waktu seefisien mungkin, sehingga bisa mengurangi pemakaian energi yang makin sulit saat ini. Pilih juga perangkat lunak yang paling sederhana sebab semakin kompleks sebuah perangkat lunak, semakin banyak tempat yang harus disediakan untuk menyimpannya. Usahakan sebijak mungkin memilih perangkat lunak pengeditan. Bila hanya ingin mengedit film di akhir pekan bersama keluarga, tidak perlu mempergunakan perangkat lunak canggih untuk mengedit film layar lebar.

Perhatikan juga media penyimpanan film yang telah dibuat. Media penyimpan seperti flashdisk, jelas memiliki harga lebih mahal, daripada penyimpan seperti piringan disk. Sementara itu, sampah dari media penyimpan perlu diperhatikan. Seperti flashdisk, jelas lebih lama dilumat bumi ketimbang disk piringan. (Sulung Prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s