Hasil Kesepakatan Konferensi Perubahan Iklim Durban

Setelah melakukan perundingan selama dua minggu, ditambah dua hari masa sidang, akhirnya Konferensi Perubahan Iklim di Durban Afrika Selatan tahun 2011 ini, menghasilkan kesepakatan yang dianggap berimbang untuk masing-masing pihak.

Hasil kesepakatan yang bernama Platform Durban tersebut mencakup berbagai bidang, mulai dalam bidang formal perjanjian, pendanaan, mekanisme pasar karbon, program pengurangan emisi melalui pengurangan deforestasi dan degradasi hutan/REDD, dan implementasi.

Salah satu kesepakatan yang paling penting, merupakan kelanjutan dari Protokol Kyoto, yang telah habis masa berlakunya hingga tahun 2012 ini. Komitmen tahap dua direncanakan akan dimulai pada 1 januari 2013 dan berakhir pada akhir tahun 2017.

Sementara itu dalam masalah pendanaan, program Green Climate Fund (GCF) akan segera diluncurkan, dan direncanakan akan menggelontorkan uang sebanyak US$ 100 milyar pertahun, untuk negara-negara berkembang dalam menghadapi perubahan iklim.

Dalam masalah perdagangan karbon, banyak pihak dalam konferensi menggantungkan kemungkinan kelanjutan program ini. Namun semua pihak tidak keberatan bila program sukarela penjualan karbon terus dilakukan. Para pihak dalam konferensi akan melihat perkembangan dalam 12 bulan terakhir, hingga konferensi mendatang di Qatar tahun 2012.

Namun para pihak menyetujui dilanjutkannya program pengurangan emisi melalui deforestasi dan degradasi hutan (REDD). Terlihat banyak kemajuan dalam implementasi REDD dilapangan dan menjanjikan banyak hal, bila dilakukan sesuai dengan kesepakatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s