Lambat Saji VS Cepat Saji

Zaman sekarang, hampir semua jenis makanan dibuat cepat saji dan instan. Berbagai keluhan kesehatan dan lingkungan, kemudian turut menyertainya. Sudah waktunya mencoba semua kembali, pada pola perlawanan pada makanan cepat saji, yaitu gerakan lambat saji atau slow food.

“Slow food bertujuan untuk tidak menjadi bagian dari cara makan cepat saji,” begitu setidaknya yang dituliskan USA Today, untuk menggambaran gerakan lambat saji tersebut.

Pada berbagai info yang bisa didapatkan di internet, menyebutkan kalau gerakan tersebut adalah tentang jenis makanan yang baik, bersih dan seimbang, berasal dari hidup yang tak terburu-buru, dimulai dari meja makan rumah sendiri.

Secara prinsip lambat saji tetap mengutamakan citarasa terbaik, namun dengan tidak menambah beban kerusakan pada lingkungan, kehidupan satwa dan tumbuhan, serta kesehatan. Tambahan lain sumber-sumber makanan berasal dari sistem perdagangan internasional yang adil.

Banyak juga yang menyatakan gerakan lambat saji ini merupakan cara untuk mendekatkan diri pada keluarga dan teman, dengan makanan sebagai pusat perhatian.

Secara umum gerakan ini merupakan penambahan mutu dari makanan. Mulai dari membuat sendiri semua makanan yang akan dimakan, hingga memperkecil beban lingkungan didalamnya. Seperti dengan membeli bahan-bahan makanan alami yang berasal tak jauh dari tempat tinggal, biasanya jarak maksimal berkisar pada radius 100 mil dari rumah.

Bila kemudian jatah makan selama dua jam saat makan siang dianggap terlalu berlebihan, maka tetap bisa diatur hingga hanya membutuhkan lima menit saja di depan computer. Namun ingat, tak ada makanan instan sebagai menu makan siang. Usahakan makan jenis makanan yang diolah secara alami seperti nasi bungkus, dan tidak berpikir tentang makan siang berbentuk mie instant.

Bila tertarik dengan cara perbaikan lingkungan melalui makanan lambat saji seperti ini, bisa saja mencarin info melalui gerakan slow food yang telah dilakukan di Negara-negara seperti Amerika Serikat pada laman http://www.slowfoodusa.or, Kanada, Inggris dan Australia dengan masing-masing laman internet. (sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s