Ancaman Krisis Air di Jawa Meningkat

Makin bertambahnya jumlah penduduk, degradasi lingkungan dan menurunnya ketersediaan air membuat ancaman krisis air di pulau Jawa meningkat. Demikian diungkapkan Sutopo Purwo Nugroho, selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, di Jakarta, Jumat (9/9/2011).

Dasar analisa tersebut, menurut Sutopo bersumber dari data Bappenas tahun 2005 lalu. Dimana untuk wilayah diluar Jabotabek terdapat sekitar 77 persen kabupaten atau kota di jawa, telah memiliki satu hingga delapan bulan defisit air dalam setahun.

“Diperkirakan pada tahun 2025, jumlah daerah defisit air akan meningkat hingga sekitar 78,4 persen, dengan defisit berkisat antara satu hingga dua belas bulan, atau defisit sepanjan gtahun,” urai Sutopo.

Kondisi makin mengkhawatirkan, karena dari wilayah-wilayah yang mengalami defisit air tersebut, terdapat 38 kabupaten atau kota telah mengalami defisit tinggi. “Jumlah itu setara dengan 35 persennya,” tambah Sutopo.

Sementara untuk wilayah Jabodetabek, diperkirakan sekitar 50 persen kabupaten atau kota mengalami defisit air dan diperkirakan meningkat menjadi 100 persen pada tahun 2025.

secara jangka pendek, masalah ini memerlukan perhatian khusus. Salah satu upaya yang perlu segera dilakukan merupakan teknik pemanenan air hujan pada saat musim hujan dan konservasi tanah.

Sebelumnya Kepala Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro B Harijono menyatakan akan ada banyak daerah di Indonesia, akan mengalami krisis air selama musim kemarau 2011 ini. ”BMKG memperkirakan musim kemarau normal akan berlangsung di 23 wilayah Indonesia sampai bulan November 2011 mendatang. Dari analisa yang kita lakukan, kemarau akan menyebabkan sebagian wilayah Jawa Barat kekurangan air,” ujar Woro.

Potensi krisis air akibat datangnya musim kemarau itu, juga diperkirakan akan melanda sebagian wilayah Sumatra dan Kalimantan Barat. Perkiraan itu, didapatkan setelah BMKG melakukan analisa terhadap kondisi curah hujan yang akan turun di ketiga daerah tersebut dan wilayah lainnya di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s