Memanfaatkan Kembali Kardus Telur

Kebutuhan akan telur, sebagai makanan manusia, kian hari terus bertambah banyak. Hal tersebut sepadan dengan jumlah umat manusia yang makin banyak hidup di dunia ini juga. Di tambah dengan berbagai olahan baru berbahan dasar telur, untuk makanan manusia. Makin membuat telur memiliki daya tawar yang stabil sebagai pelengkap kebutuhan sehari-hari manusia.

Namun dibalik kenyamanan usai menikmati telur, sebenarnya banyak biaya kelestarian lingkungan yang harus dibebankan setiap harinya. Mulai dari proses pemeliharaan ayam petelur, diantarkan ke pasar, dijual hingga dibeli oleh masing-masing individu. Beban lingkungan tersebut makin terasa besar, saat membicarakan karton-karton pembungkus untuk telur yang dijual, terutama di pasar-pasar swalayan.

Bisa dibayangkan, bila kebutuhan akan telur makin meningkat, maka kebutuhan akan karton tersebut pasti makin tinggi juga. Sementara kadang kebutuhan akan karton tersebut, sebatas sebagai pembungkus saja, kemudian setelah itu dibuang setelah tak digunakan.

Untuk menghindari dampak yang makin buruk untuk kelestarian lingkungan, karena sampah dari karton pembungkus telur, maka sebaiknya melakukan beberapa cara untuk meminimalisasinya.

Cara yang terbaik untuk memanfaatkan karton tersebut, bisa dilakukan dengan banyak hal. Seperti ketika membuka laman situs internet beralamat http://www.dltkkids.com/type/egg_carton.htm.  Pada halaman tersebut dipaparkan beberapa kreatifitas dalam memanfaatkan kertas karton pembungkus telur. Kebanyakan berupa karya seni yang dapat dilakukan oleh anak-anak.

Manfaat lain dari karton telur adalah sebagai tempat untuk pernik-pernik yang ada dirumah. Bentuk kertas karton pembungkus telur yang unik, bisa dipakai sebagai tempat penyimpan mur, baut dan paku.

Bisa juga dipergunakan sebagai pelapis untuk barang-barang yang akan dikirimkan, dengan memanfaatkan karton telur tersebut, kondisi aman barang yagn dikirimkan mengalami kerusakan diperjalanan akan makin bisa dikurangi.

Dengan sedikit kreativitas, karton telur juga bisa digunakan untuk dekorasi pohon natal. Kertas telur bisa digabungkan dan membentuk bulatan, yang kemudian bisa diwarnai untuk hiasan.

Kertas telur juga bisa digunakan sebagai pembungkus bola golf. Untuk karton yang anti air, bisa dimanfaatkan untuk membuat balok-balok es kecil, melalui kulkas sederhana di rumah-rumah. Bisa pula kertas karton itu digunakan untuk pembungkus telur matang, yang harus dibawa piknik.

Banyak lagi manfaat yang bisa dikembangkan, dari kertas karton pembungkus telur ini. Tinggal tergantung imajinasi dalam melakukannya saja. (sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s