Cara Bos Bantu Efisienkan Energi

Sifat feodal masih teramat kental bagi rakyat Indonesia. Dimana para pemimpin merupakan panutan, dan segala kebijakan perlu dipatuhi. Dalam kondisi lingkungan yang makin penuh kerusakan saat ini, maka peran pemimpin dalam membuat kebijakan yang pro kelestarian alam, teramat sangat dibutuhkan. Salahsatu kebijakan yang berpengaruh merupakan program efisiensi energi di perkantoran.

Ada banyak cara untuk merangsang pekerja dalam upaya menghemat energi. Salah satunya bisa dengan membuat program penghargaan bagi karyawan yang berhasil menghemat energi paling tinggi, dalam lingkup tanggung jawab kerjanya.

Pemberian insentif, juga bisa dilakukan. Insentif tidak terbatas dalam bentuk uang saja, tapi bisa berbentuk tunjangan kesehatan, pembagian jatah seragam, fasilitas mess karyawan dan sebagainya.

Selain berbagai kebijakan tersebut, para pemimpin juga harus menjadi contoh bagi para karyawannya. Seperti turut serta secara aktif dalam melaksanakan program penghematan energi.

Partisipasi pemimpin bisa juga dilakukan melalui kerjasama dengan kepala SDM, untuk membuat prosedur standar operasi bagi setiap tingkatan staf.

Pemantauan dan evaluasi program penghematan energi, bisa dilakukan para pemimpin secara berkala, sehingga kontiniutas program dapat berjalan dengan lebih baik.

Kemudian luangkan waktu untuk berbagai dengan para staf, mengenai kesulitan-kesulitan yang mungkin mereka hadapi dalam menjalankan program pelestarian lingkungan di kantor.

Jangan lupa tempatkan materi-materi, flyer atau brosur mengenai kelestarian lingkungan, di tempat-tempat yang mudah dibaca. Sehingga minat karyawan dan pemimpin tetap terjaga untuk bersama menyelamatkan lingkungan dari kerusakan. (Sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s