Hemat Uang, Lingkungan Hijau

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang, mulai dari yang sederhana hingga cara-cara yang superprofesional. Cara-cara menghemat uang akan lebih baik bila dikaitkan dengan niat melestarikan lingkungan. Artinya, sekali pukul, dua tujuan bisa tercapai.

Paling utama adalah dengan meminimalkan penggunaan bahan bakar fosil pada kendaraan. Dengan memilih menggunakan sepeda atau berjalan kaki ke tempat-tempat tujuan yang tak terlalu jauh, bisa menghemat banyak uang, ketimbang menggunakan mobil, atau bahkan sepeda motor yang mengonsumsi bensin dan solar. Selain itu, bersepeda atau berjalan kaki bisa membuat badan lebih sehat.

Kemudian kurangi kebiasaan makan di luar rumah. Biaya makan di luar rumah akan semakin tinggi bila lokasi rumah jauh dari tempat penjualan makanan. Dengan makan di rumah atau memasak sendiri maka semakin sedikit ongkos yang dikeluarkan. Biaya bisa makin irit bila jumlah orang yang makan semakin banyak.

Mulailah menanami tanah kosong yang dimiliki dengan tumbuhan yang bisa dimakan.  Misalnya saja menanam cabai, tomat, bawang, dan terong. Jenis-jenis tanaman ini bisa menghemat biaya membeli bumbu dapur. Bila jumlah yang sedikit itu dikalikan dengan pengeluaran per hari, jumlah pengeluaran per bulan bisa dihemat lumayan besar.

Banyak lagi hal-hal lain yang bisa dilakukan, seperti menghemat pengeluaran pemakaian gas untuk kompor, menghemat biaya untuk reparasi rumah, serta menggunakan kembali barang-barang bekas yang masih berdaya guna. Tinggal bagaimana kita melihat cara-cara tersebut dan mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari. Jangan keburu pesimis bila melakukan sesuatu yang memiliki nilai penghematan rendah, karena yang sedikit, bila dikumpulkan akan besar juga. (sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s