Kaus Kaki Bekas Juga Berguna

Jakarta – Hampir setiap hari manusia membutuhkan kaus kaki. Sebagai pelapis kaki sebelum memakai sepatu, kaus kaki terbukti melindungi kaki dari lecet dan menjaga suhu tubuh. Karena fungsinya itu, kaus kaki kerap digunakan untuk bekerja, berolahraga, bahkan tidur sekalipun.

Karena dibutuhkan, ragam bentuk, harga, dan kualitas kaus kaki menjadi terus berkembang. Sayangnya, saat ini banyak kaus kaki berasal dari bahan yang tak ramah lingkungan. Selain itu, kaus kaki sekarang juga diproduksi dengan banyak pilihan sehingga meningkatkan potensi sampah yang ada di muka bumi.

Untuk membantu bumi mengurangi efek kerusakan lingkungan karena sampah kaus kaki, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebelum membuang kaus kaki bekas, pertimbangkan untuk menggunakan kembali sebagai lap pembersih. Sifat bahan kaus kaki yang dapat menyerap air sangat cocok untuk membersihkan alat-alat kotor, termasuk sebagai pembersih papan tulis.

Kaus kaki juga bisa digunakan kembali sebagai pelindung sepatu ketika bepergian jauh dari rumah. Gunakan kaus kaki sebagai pengganti pembungkus plastik untuk sepatu. Dengan cara ini, goresan-goresan pada sepatu yang mungkin terjadi karena bergesekan dengan benda lain bisa diminimalkan.

Kaus kaki juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus daerah sendi saat berolahraga. Dengan memotong kaus kaki berleher panjang, bagian kaus kaki tersebut bisa digunakan kembali untuk melindungi sendi dari cedera kala berolahraga.

Bahkan kaus kaki bekas bisa juga dipergunakan kembali sebagai mainan untuk anjing peliharaan. Coba ikatkan beberapa kaus kaki, dan berikan ke anjing kecil yang sedang senang menggigit.

Beberapa ide lain bisa dikembangkan untuk kaus kaki bekas, seperti untuk boneka, atau dijahit dan disatukan kembali menjadi tas cantik. Selain itu, bisa juga untuk bahan melukis karena cat di dalam kaus kaki yang dicipratkan ke kanvas akan memiliki nuansa berbeda, terserah masing-masing individu melakukannya. Yang terpenting, usaha untuk melestarikan lingkungan melalui pengurangan sampah dapat dilakukan. (sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s