UFO Sering Berkunjung ke Inggris

Nampaknya tugas Dana Scully dan Fox Mulder dari Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI), dalam sekuel film X-Files, akan bertambah berat. Pasalnya beberapa waktu lalu, warga Inggris mengeluarkan maklumat mengejutkan. Ada 575 kali laporan penampakan benda terbang tak dikenal (UFO) di berbagai belahan negara Inggris, sepanjang tahun 2009 lalu.

Laporan mengejutkan tersebut dikeluarkan oleh http://www.nationalarchives.gov.uk, yang merupakan situs resmi untuk segala macam dokumen di Inggris. Namun meskipun diklaim merupakan tahun paling banyak dikunjungi UFO, pemerintah Inggris malah was-was, kalau fenomena ini menunjukan terlalu tingginya aktivitas udara disana.

Harian Telegraph yang tertarik pada masalah ini mencoba menunjukan titik-titik penglihatan laporan tersebut melalui googlemap. Dari hasil kerja mereka terlihat hampirkeseluruhan negara Inggris pernah dikunjungi UFO. Mulai dari Dover hingga Liverpool, dari Llanelli sampai Derby.

Malcolm Robinson dari Investigasi Fenomena Aneh (Strange Phenomena Investigation/SPI), yang dikonfirmasi oleh Telegraph menyatakan kalau ada sesuatu yang aneh dari berbagai laporan mengenai angkasa Inggris tersebut.

“Jumlah penampakan terlalu banyak, itu tak seperti biasanya,” imbuh Robinson.

Percaya atau tidak, angka 575 kali laporan harus diakui bukan hal yang main-main. Karena berarti, banyak sekali orang yang pernah melihat UFO atau benda-benda yang dianggap UFO.

Kalau melihat laporan yang disebarkan, sebenarnya banyak variasi penampakan yang dilaporkan. Kebanyakan melihat dalam visi cahaya-cahaya berwarna orange, kuning atau merah. Ada yang melihat melintas datang dari laut. Ada yang melihat dalam bentuk formasi “V”, seperti layaknya kumpulan burung bermigrasi. Ada juga yang melihat seperti berbentuk jamur yang bergerak. Ada juga yang melihat hanya seperti kilatan sinar laser. Yang paling heboh, ada yang mengklaim kalau yang mereka lihat adalah benar-benar UFO.

Namun yang benar-benar paling heboh, mungkin pernyataan tambahan Robinson mengenai hal ini. Menurutnya, banyaknya fenomena penampakan UFO kali ini terkait dengan pemanasan global, “Pesawat-pesawat luar angkasa tersebut dikirimkan untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi di bumi, dan apa yang manusia lakukan untuk menghadapinya,” ulas Robinson di harian Telegraph.

UFO Indonesia
Di Indonesia sendiri, penampakan mengenai UFO kadang juga membuat geger. Terakhir penampakan UFO disinyalir terjadi di sekitar Blok M, pada bulan Oktober 2009. Dalam gambar yang tersebar, terlihat sebuah benda bundar berbentuk piringan, berwarna metalik dengan lampu-lampu dibawah, terlihat melintas di atas sebuah apartemen di Blok M. Berita tersebut pertamakali diangkat oleh harian WartaKota, yang menerima kiriman dari seseorang yang tak mau disebutkan namanya. Setelah diterbitkan, kemudian gambar tersebut menjadi buah bibir masyarakat selama beberapa saat.

Beberapa pakar dalam masalah gambar dan teknologi informasi memberikan komentar penolakan, atas keaslian gambar tersebut. Fotografer senior Gino Frankihadi menganggap gambar tersebut merupakan hasil rekayasa.

“Kalau dilihat, dia mengambil menggunakan handphone video, tidak mungkin bisa sedetail itu. Dengan kecepatan sekian tidak akan bisa menangkap,” jelas Gino, melalui berita di detiknews.com.

Sementara pakar telematika, Roy Suryo juga menampik kebenaran dan kesahihan data dari gambar. Sebab dari hasil penelisikannya dari metadata yang ada pada gambar, diketahui gambar tersebut telah dimodifikasi pada tanggal 17 Agustus 2009.Berarti sekitar dua bulan, sebelum saat foto tersebut mulai disebarkan.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Adi Sadewo Salatun mengatakan kalau penampakan benda-benda asing luar angkasa memang sulit untuk diidentifikasi.

”Penampakan benda-benda seperti itu memang sulit dikenali. Hal itu bergantung situasi yang memungkinkan, dia dapat terdeteksi atau tidak, misalnya tertangkap secara tak sengaja dalam bentuk visual seperti yang sering terjadi selama ini,” katanya.

Sementara mengenai kesiapsiagaan insitusi Lapan dalam masalah ini, menurut penuturan ADI berapa dalam posisi membantu menyelidik kebenarannya.

”Selama ini, jika ada laporan soal benda-benda asing, kami langsung menyelidiki kebenarannya, seperti dugaan jatuhnya meteor di Bone, Sulawesi, beberapa waktu lalu,” kata Adi.

Yang sangat disayangkan menurutnya kebanyakan masyarakat tidak pernah memberikan laporan resmi ke Lapan. Seperti pada kasus penempakan UFO di Jakarta, Lapan baru mengetahui setelah beredar di media.

Lebih mendalam, Muhammad Irvan, aktivis Ufonesia (komunitas pengamat UFO di Indonesia), mengaku belum melihat foto tersebut secara jelas. Tapi sepengetahuan Irvan, selama 2009, laporan tentang beta-UFO lebih sedikit dibanding tahun 2008. Menurut catatannya, laporan terakhir mengenai UFO datang dari Bandung, setelah penampakan di Jakarta mencuat ke permukaan.

Irvan sendiri mengatakan, untuk menentukan sebuah benda asing di angkasa sebagai UFO, perlu dilakukan pengamatan lebih jauh. Pasalnya, bisa saja benda tersebut adalah pesawat atau bias cahaya matahari.

”Pertama harus dilihat foto atau videonya. Yang paling dasar adalah pengamatan dengan mata orang awam dan dari pemikiran awam, apakah itu benar-benar obyek (UFO) atau debu di lensa kamera,” paparnya.

Jika benda aneh itu patut diduga UFO, temuan tersebut akan dibahas oleh sesama peneliti ufologi. Irvan juga mengatakan, jika saksi mata pada kasus UFO Blok M lebih dari satu orang, maka investigasi lebih lanjut bisa dilakukan. (berbagai sumber/sulung prasetyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s