16 Aktivis Nelayan Philipina Dipulangkan

16 aktivis nelayan asal Philipina di deportasi dari Indonesia melalui bandara Sam Ratulangi Menado, Selasa (12/5/2009), pukul 05.00 WITA dini hari tadi . Mereka terkait keonaran yang ditimbulkan disela Konferensi Kelautan Dunia (WOC), yang diselenggarakan di Menado, hingga hari ini.

“Kami bingung, karena petugas imigrasi ini tak bisa menyebutkan apa kesalahan kami dan mengapa kami dideportasi,” kata Ted Jasinto, salah satu nelayan Philipina dari Seafish usai diperiksa.

Hingga Senin (11/5/2009) mereka efektif diperiksa di Poltabes Menado, dengan didampingi oleh Konjen Philipina di Indonesia. Pada sore hari, ke 16 nelayan tersebut dibawa ke kantor imigrasi Sulawesi Utara (Sulut). Baru kemudian dini hari meninggalkan Menado.

Sementara itu, Riza Damanik yang merupakan Koordinator dari Aliansi Menado yang termasuk didalamnya LSM seperti Kelola, YSN, KPNNI, KIARA, WALHI, JATAM, Institut Hijau Indonesia, dan AMMALTA, menyatakan keberatan pada kejadian deportasi tersebut.

“Pendeportasian aktivis merupakan bukti dibungkamnya suara nelayan tradisional oleh penyelenggara WOC-CTI,” ucap Riza, pada kesempatan berbeda.

Namun menurutnya salah kalau pemerintah menilai demikian, karena Aliansi Menado memutuskan tetap akan melanjutkan aksi-aksi yang telah mereka rencanakan untuk membenarkan substansi penylenggaraan WOC yang mereka anggap salah.

Enam belas aktivis Philipina yang dideportasi itu ialah Jun Germise, Pepe Tanchuling, Magda, Roming Dinna Umengan, Bebeb, Mercy Cepe, Pablo Rogales, K. Bal, Ted Jasinto, Glenn, K Noli. Nasser Halipa, Daniel, Vay Vibal, Doned Canada. Seafish sendiri beranggotakan organisasi non pemerintah dan organisasi nelayan di wilayah Asia tenggara, khususnya Kamboja, Indonesia, Philipina dan Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s