Wisatawan Menurun, Menbudpar Tampik karena Pengaruh Asap

Jumlah wisatawan terus menurun. Di Bali, sampai Agustus 2006, tercatat negara defisit 19.413 orang dibandingkan data di bulan yang sama, tahun lalu. Namun, hal ini ditampik karena bencana asap, yang kini menimpa Indonesia. Demikian Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik memaparkan di kantornya, Selasa (3/10/2006).

“Penerbangan tak banyak yang terganggu. Kemungkinan penurunan ini disebabkan kurangnya promosi,” ucap Wacik. Sementara itu, hitungan penurunan itu hanya daerah Bali saja. Belum dilakukan secara berkeseluruhan. Paparnya mengomentari data di buku Laporan Kinerja Tahun Kedua Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, yang baru dikeluarkan pada hari yang sama.

Angka penurunan ini sebenarnya mencemaskan. Karena tampaknya juga mengancam pada hitungan bulan September. Dimana pada tahun 2005, tercatat 162.102 orang mengunjungi Bali. Sementara tahun ini, di bulan yang sama, hingga tanggal 21 baru menunjukan angka 84.934 orang wisatawan. Dengan asumsi rata-rata kunjungan wisatawan sebesar 4.044 orang perhari. Sisa waktu 10 hari hitungan kedepannya, diperkirakan hanya mampu mencapai 125.374 orang. Ini berarti tak melebihi, bahkan menyamai jumlah wisatawan tahun lalu.

Sementara itu menurut data pada buku yang sama, hanya sebagian kecil penyebab penurunan wisatawan disebabkan karena bencana. Bencana tsunami Aceh menempati urutan pertama, penyebab penurunan. Mencapai 175.000 orang, membatalkan kunjungan ke Indonesia. Sementara gempa Jogja dan tsunami pantai selatan Jawa, tak mempengaruhi angka kunjungan wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s